Rabu, 30 Januari 2013

Berdailog Dampak Buruk Narkoba Bersama Siswa SD





 




Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. Qs At-Tahriim :6


Tujuan pembelajaran tentang informasi dampak buruk narkoba ;
 
·         Siswa dapat menjelaskan arti dan pengaruh narkoba terhadap tubuh serta cara penanggulangannya 

·         Siswa  dapat mengetahui pengaruh narkoba dapat merusak masa depannya.
b   

Bagaimana caranya.. Dilengkapi video penyuluhan walimurid






 


“Bu ,belakangan ini banyak berita tentang penyalahgunaan narkoba di koran dan TV ,narkoba itu apa..?”

“ Narkoba sendiri singkatan narkotika dan obat obatan terlarang .Narkotika ,adalah obat bius yang biasa digunakan untuk dunia kedokteran seperti membius pasien saat operasi ,sedangkan penyalahgunaannya  adalah  penggunaan narkoba bukan untuk tujuan pengobatan.”

“Lantas apa yang menyebabkan seseorang menggunakan narkotika ,atau obat bius padahal dia tidak sakit..?’”

“Beberapa pola penyalahgunaan Narkoba biasanya disebabkan :

Pertama : iseng atau coba coba,mula mula iseng untuk ingin mencoba,rasa ingin tahu atau mendapatkan pengalaman setelah itu kecanduan .Yang lebih parah saat ini ditemukan dalam bentuk permen sehingga kamu mesti hati hati jika mengkonsumsi jajanan.Dan yang lebih penting jangan pernah kamu punya pikiran untuk mencobanya sampai kapanpun..!

Kedua:pengaruh teman ,biasanya dimulai pergaulan yang tidak sehat,suka kumpul bareng merokok dilanjutkan minuman keras,mulai menggunakan narkoba  untuk mengurangi  kecemasan ,kesedihan. Termasuk menentang perilaku orang tua yang tidak harmonis.. Karena itu kalian juga hati hati dalam memilih teman hindari pergaulan yang tidak sehat...

“Ya bu..!,tanda tanda seseorang terkena narkoba itu seperti apa...?

“Secara umum anak memiliki ciri fisik pupil mata anak makin meluas atau warna matanya selalu memerah,sering menguap dan mengantuk. Mengalami perubahan perilaku sering menyendiri,mudah marah ,malas ,tidak disiplin ,kumal –jorok sering bolos,suka berbohong dan suka mencuri”.

“Lantas kalau anak sudah dikenali tanda tandanya apa yang mesti dilakukannya bu,...?”

“Semestinya ,anak punya inisiatif untuk berbicara dan curhat secara terbuka kepada orang tua,agar orang tua tahu persis alasan yang menyebabkan anak tadi berperilaku demikian. Orang tua sepertinya tidak perlu malu atau jaga gengsi jika anak terdeteksi sebagai pengguna narkoba ,justru sebaliknya harus makin sayang kepada anak karena anak butuh penguatan bahwa orang tuan peduli keadaan dirinya..!.

“Jadi sebagai anak harus terbuka kepada orang tua ya bu..?’.

“ya..!”

“Apa akibatnya jika orang sudah kecanduan narkoba..”

“kemungkinan besar pasti akan berurusan dengan polisi ,sedangkan bahaya terbesar adalah gangguan secara fisik mulai dari ketagihan ,kerusakan saluran pencernaan ,gangguan fungsi hati kerusakan sel-sel syaraf  dan bisa terjangkit HIV AIDS ..!.

“ ih ngeri ...!Lantas bagaimana caranya agar anak tahu informasi tentang bahaya narkoba..?”
.
“Sekolah perlu mengadakan penyuluhan .bekerja sama dengan aparat terkait ,seperti BNN , kepolisian,dokter. Diskusi yang kita lakukan seperti ini bisa menjelaskan masalah narkoba  dampak negatifnya ,serta akibat penggunaannya. Pertemuan walimurid bisa diberikan penyuluhan tentang dampak narkoba,pentingnya menjaga keharmonisan keluarga,orang tua perlu peduli pada pendidikan anak. Anak perlu mengikuti berbagai kegiatan seperti olah raga ,seni dan minat serta hobi yang lainnya dan kalian tahu penyalahgunaan Narkoba  itu dilarang Tuhan..!

1 komentar:

  1. Respon dari grub FB Padepokan Guru Indonesia
    Edi Agus;
    Narkoba itu sesuatu yg akan meracuni organ tubuh secara bertahap dan ujungnya adalah kerugian, bahkan kematian..........tapi sy berharap kita jngn terpedaya oleh nilai harga yg sngt murah tetapi kerugian akan lebih banyak..........seperti yg skrg ini.....

    31 Januari pukul 7:44 · Suka · 1

    Najamuddin Kgs;

    beberapa hari yang lau saya juga nyentil msalah Narkoba, salah satunya Narkotin akibat ROKOK,

    saya sentil sambil bercanda, Tidak apa apa kok, Rokok tidak berbahaya, santai saja.... sebagian anak ada yang protes, saya diam sambil senyum, dan saya bila mau dengar cerita saya, mau Pakkk , kata anak anak,

    saya jawab dari status sahabat facebook (dalam canda)

    saya copas.....

    "Rokok TIDAK BERBAHAYA!!!, Ciusss ?

    Banyak orang menghawatirkan bahaya rokok,tp stlh diselidiki oleh bbrp pakar dlm bidangnya tryt rokok itu sama sekali tidak berbahaya!

    Ada sebuah the untold story yg membuka mata dunia bhw rokok itu tidak berbahaya sama sekali.

    Berikut cuplikan-nya
    Ada tiga orang pakar. Mereka selalu bersama kemana saja.
    Tapi ketiganya memiliki kesukaan beda.

    .A. dr Jon Van Toncik (suka main perempuan).
    B. dr Joni van Walker (suka minum minuman keras).
    C. dr Toni Tobacco (suka segala jenis rokok) .

    Suatu hari mereka pergi ke dukun sakti. Lalu mrk memilih sesuai kegemaran masing-masing.

    Si A : ”Aku mau perempuan2 muda dr berbagai bangsa+makanan minuman yg cukup. Letakkan dlm gua tertutup dan jangan ganggu aku selama 10 tahun”.dan sekejap mata jadi.

    Si B: “Aku mau semua jenis arak dr slrh dunia+bekal makanan yg cukup letakkan dlm gua tertutup dan jangan ganggu aku selama 10 tahun”. Dan sekejap mata jadi.

    Si C : ”Aku mau semua jenis rokok dari seluruh dunia+ makanan yg cukup letakkan dlm gua tertutup dan jangan ganggu aku selama 10 tahun”. Dan sekejap mata jadi

    10 Tahun Kemudian, dukun sakti membuka pintu gua masing2 sesuai perjanjian.

    Ketika pintu Gua I dibuka,keluarla h si A, kurus kering, berdiri pun tidak bisa karena lutut pd goyang hampir lepas, sebab hari-harinya dihabiskan hny memuaskan nafsu dgn perempuan. Beberapa saat kmdn si A pun jatuh ke tanah lalu mati

    Pintu Gua II dibuka, maka keluarlah si B, perut buncit dan mata merah krn hari-harinya dihabiskan dg mabuk2an. dia terhuyung dan jatuh ke tanah lalu mati

    Pintu III dibuka,keluarla h si C, sehat walafiat bahkan lebih sehat. dari 10 tahun lalu. dia berjalan tegap ke arah dukun itu dan langsung Menabok kepala sang dukun seraya berkata“ Dasar DUKUN GUOBLOOOKK!!! NGASIH ROKOK KOREKNYA MANA???!

    Catt :ROKOK TIDAK BERBAHAYA BAGI KESEHATAN selama TIDAK ADA KOREKNYA” ({}) He..he.. atau tidak digunakan/diisap"

    Termasuk narkoba, tidak bahaya kalau tidak digunakan.

    22 jam yang lalu · Suka · 1

    Badrudin Abu Rusydi;

    Bismillaah. Ujungnya hanya PROYEK. UU SISDIKNAS, Penyelenggaraan Pendidikan, Berbagai Pelatihan, Penyuluhan, "yang semumuanya didanai oleh APBN dan APBD". Tetapi, PABRIK MIRAS dan NARKOBA serta Lokaliasasi kemaksiatan diizinkan dan dilindungi demi devisa negara? Tolong Jawab! Apa-apaan ini? walillaahil hamd. Sampaikan!
    22 jam yang lalu · Telah disunting · Suka · 1

    Syarifah Aini Aini :

    Sudahlah para bapak dan ibu! Kita berjalan sesuai dengan kelaziman saja biar beban kependidikan kita tidak bertambah berat.
    20 jam yang lalu · Suka · 2

    Effendy Goro;

    seorang guru pasti bisa memberikan penjelsan kpd siswa dimulai dari jenis-jenis Narkoba sampai dampak negatip bila seseorang yg mengkonsumsinya, apa lg dunia informasi saat ini sdh semakin terbuka akan mempermudah pengetahuan mereka, bukn hanya Narkoba, merokok, isap aibon itu salah satu perilaku buruk yg harus dihindari anak2 seusia SD
    10 jam yang lalu · Suka · 2
    Tulis komentar...

    BalasHapus