Minggu, 27 November 2016

5 Karakter Setia Kawan Untuk Social Intelligence Keberhasilan Karir (Contoh Pengamalan Sila ke III butir 1)




Kank Hari Motivator Parenting Pendidikan Karakter Pancasila
Setia kawan adalah sebuah relasi social antara satu orang dengan orang lain yang diwarnai komitmen, kejujuran dan kesetiaan. Dari semua relasi yang paling sulit adalah setia menjadi kawan nya disaat sulit. Mengingat kebanyakan orang mudah berkhianat lantaran ancaman, himpitan kesulitan dan keuntungan pribadi yang menggiurkan. Namun bagaimanapun juga setia kawan bukan tidak dapat dilakukan terutama untuk kepentingan terbaik masyarakat Indonesia. 

Pancasila sila ke III , Persatuan Indonesia butir ke 1 menyatakan:
Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan,Kesetiakawanan adalah implementasinya.

Berikut agar setia kawan menjadi budaya dan karakter seluruh rakyat Indonesia:

1.     Bangunlah sebuah relasi harmonis dengan rekan kerja dengan saling berbagi pengetahuan , informasi , bantuan kebaikan dan saling tolong menolong tanpa melupakan tanggung jawab kewajiban beban kerja masing masing. Dengan demikian  relasi kesetiakwanan adalah hubungan yang saling menguatkan satu sama lain.

2.    Miliki hasrat untuk tidak menyombongkan diri dan tidak ingin merugikan orang lain demi kepentingan diri sendiri. Tumbuhkan minat untuk maju dan sukses bersama tim mencapai target perusahaan dengan hati gembira .

3.    Akui dan hargai rekan kerja yang memiliki prestasi atau menjadi kepercayaan atasan tanpa rasa iri.  Sehingga andapun mendapatkan ilmu dan pengalaman dari darinya. 

4.    Jangan rendahkan rekan kerja yang mendapatkan masalah atau kesalahan yang tidak berdaya dilakukannya, karena suatu hari andapun akan mungkin mendapatkan persoalan yang sama. Tetaplah menjadi temannya walau tak bisa membantu menyelesaikan persoalannya. 

5.    Yang paling penting terus jalin relasi yang saling membantu , bukan hanya janji tapi tindakan untuk kesuksesan bersama.

Tak ada superman dalam meraih sukses , karena manusia adalah makhluk social yang saling terkait satu sama lain. Jadilah harmonislah dalam menjalin relasi social dengan setia kawan”. Kank Hari Santoso, Mentor Humas MBS Pendidikan Karakter Indonesia,. #Papa Momo Indie Motivator Parenting Pendidikan dari Surabaya.#Kank Hari Motivator MSDM Karakter  Pancasila  #Revolusi Mental


       Kank  Hari Ragam Pendidikan TVRI, "  Siswa Mengajar ,SMPN 1 Mejayan Madiun Jawa Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar