Sabtu, 03 Desember 2016

ADAB HINDARI Di REMEHKAN ORANG LAIN





Kank Hari , Motivator MSDM Indonesia, Asrama Haji
Di salah satu pesantren kawasan bukit Jawa Timur, terkenal seorang kyai sederhana yang banyak mengajarkan ilmu akhlak dan adab kepada para santrinya. Para santrinya banyak yang menjadi orang sukses di berbagai pelosok negeri, sang kyai ini juga menjadi jujugan para pejabat untuk mendapatkan berkah Do’anya dari beliau.

Suatu saat beliau kehadiran seorang tamu yang  berwajah muram , penuh dengan berbagi persoalan sambil menceritakan dan berkonsultasi  kebangkrutan usahanya dan kehancuran rumah tangganya.

“Saya , mohon do’a supaya usaha saya bisa bangkit lagi kyai..?”.


Sang Kyai pun terdiam sambil menyaksikan “tampilan” tamunya yang terlihat sangat menderita . kemudian sang Kyai pun masuk membawa amplop berisi segepok  uang seratus ribuan sebanyak seratus lembar ya bernilai sepuluh juta. 

“Begini saja , ini aku punya uang sepuluh juta pakai dulu untuk usahamu nanti kalau sudah sukses boleh kamu kembalikan”. Kata Kyai kepada tamunya.
“terima kasih , kyai , saya datang kesini bukan cari utangan tapi mohon do’a.Kalau soal modal itu sesuatu yang bisa saya cari..”.

“Baiklah kalau itu maumu , kamu akan aku do’akan , semoga Allah mengijabi dengan satu syarat..”  

“Apa syaratnya.?”.

“Jangan pernah kamu ceritakan semua penderitaanmu ini kepada banyak orang bukan saja seakan akan kamu tidak ikhlas ujian Allah tapi juga kamu bakal diremehkan orang lain yang tak bakalan bisa banyak menolongmu..”.


Saudaraku muslim yang dirahmati Allah , pada saat kita dirundung malang bisanya kita mudah mengeluh , mengadu dan menceritakan nasib buruk kepada semua orang yang tidak ada sangkut pautnya. Entah sekedar katarsis alias pelepasan emosi yang mengendap atau memang berharap dapat belas kasihan.

Padahal  menceritakan nasib buruk kepada semua orang seakan akan menceritakan perlakuan tidak adil dari Allah sekaligus tidak rela dengan ketentuannya. Jika kita punya iman tentu kita yakin akan kasih sayang NYa. Dampaknya tentu sangat tidak baik bagi dinamika psikologi kita.

Disisi lain mengumbar cerita tentang nasib buruk kepada semua orang seperti mempertontonkan aurat sendiri kepada orang lain secara gratis , sekaligus menimbukan persepsi negative atas diri anda dan inilah salah sebab mengapa anda di remehkan oleh mereka…

Taka da orang yang simpati kepada nasib buruk anda , karena mereka juga sibuk memikirkan nasibnya sendii sendiri jadi jangan sembarang cerita nasib buruk kepada semua orang jika anda tidak ingin diremehkan. Kank Hari Ustad Motivator MSDM Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar