Sabtu, 26 November 2016

4 Langkah Mengubah Mindset Gagal Menjadi Prestasi, ( Contoh Pengamalan Pancasila sila ke II butir ke 6)




Kank Hari , Motivator MSDM Karakter Pancasila- Industri
Hampir semua tokoh besar, perusahaan raksasa, artis ternama pernah mengalami kegagalan sebelum mencapai suksesnya. Namun  banyak diantara kita tidak berani mengambil resiko gagal bahkan kegagalan justru mengantar pada perasaan  stress, frustrasi , depresi  dan putus asa. Padahal kegagalan telah membuktikan dirinya sebagai jalan mencapi sukses. 
 
  Ambil contoh, Dalam berbagai pertempuran kecil dizaman  perang kemerdekaan tidak serta merta meraih kemenangan tapi juga bisa kegagalan atau mundur dari medan . Namun para pejuang pantang menyerah untuk mewujudkan mimpi besar meraih kemerdekaan Indonesia, akhirnya perang besar pun tak terhindarkan walaupun para pejuang , pahlawan kemerdekaan  tidak dipersenjatai lengkap dan modern , atas ijin Tuhan Yang Maha Kuasa dan keberanain para pejuang kemerdekaan RI pun diraih. Pancasila sila ke II Kemanusian Yang Adil dan Beradab butir ke 6 , menjunjung  tinggi nilai nilai  kemanusiaan. Banyak potensi nilai nilai kemanusian yang bisa menjadi andalan untuk berhasil oleh karena itu manusia Indonesia berkewajiban mengembangkan nilai nilai kemanusian itu.


Jika anda telah memahami bahwa gagal dapat mengantar anda pada pintu keberhasilan, maka anda akan lebih bersemangat untuk bekerja lebih giat, menemukan cara sukses dan pantang menyerah. 

Para tokoh besar dunia pada saat mengalami kegagalan justru mengolah kembali mindset untuk mengubah gagal menjadi sukses dengan mengandalkan nilai nilai kemanusiaan . Adapun langkahnya sebagai berikut: 

TIDAK MERATAPI KEGAGALAN,  Temukan solusi dari kegagalan , menyusun rencana keberhasilan, melakukan percobaan dengan penuh keyakinan dan meyakini upayanya sebagai  perubahan hidup yang lebih baik. Ambil contoh kesuksesan para transmigran Indonesia  sukses yang telah berhasil mengolah lahan menjadi  agrobisnis yang memiliki keuntungan sangat tinggi.  Dikeranakan mereka dulu berani mengubah mindset  kesulitan adalah tantangan dan keyakinannya akan lebih sukses ditanah transmigrasi.  

TIDAK HANYA BERANI MIMPI TAPI BERANI BERTINDAK, pada saat mengalami kegagalan bukan hanya penyesalan dan kecewa yang menggelayuti pikiran namun juga seribu rencana dan mimpi yang menggoda untuk mengubah keadaan. Yang membedakan seorang pemimpin sukses dan pemimpi adalah keberanian nya dalam mengambil sebuah keputusan untuk secepat mungkin melangkah dan bertindak.  Segeralah bertindak jangan hanya berencana saja.

BERGAULAH DENGAN PARA “PEJUANG” , BUKAN PECUNDANG . Kekuatan aura pergaulan memiliki pengaruh yang significant bagi meningkatnya motivasi dan kebutuhan untuk mencapai prestasi. Dari bergaul dengan para “pejuang” maka anda akan memiliki spirit pantang menyerah dan berani menghadapi kesulitan serta  tak gentar menghadapi rintangan, Temukan orang itu..!

KUATKAN KEYAKINAN  BAHWA TUHAN BERSAMA DENGAN KESULITAN ANDA. Keyakinan bahwa Tuhan bersama kita dalam segala upaya akan menghasilkan energy yang luar biasa untuk tidak takut menghadapai segala kesulitan dan  tantangan. Dengan keimanan hati menjadi tentram dan hanya keyakinan kepada Tuhan   membuat hati menjadi lebih tentram sekalipun menghadapi rintanngan yang berat. Menghadirkan TUhan Yang Maha Kuasa dalam mindset merupakan suntikan energy dahsyat untuk pantang menyerah

“Miliki keyakinan bahwa segala macam kesulitan adlah jalan menuju kemudahan demikian kegagalan adalah satu satunya jalan meraih sukses , karena sudah sangat banyak bukti kongkrit yang sudah mengalaminya,  jadi mengapa harus takut..?” Kank Hari Santoso, Mentor Humas MBS Pendidikan Karakter Indonesia,. #Papa Momo Indie Motivator Parenting Pendidikan dari Surabaya.#Kank Hari Motivator MSDM Karakter  Pancasila ,#Revolusi Mental

                      Kank Hari Host Ragam Pendidikan  TVRI, SMAN 3 Blitar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar