Kamis, 17 Maret 2011

DiSukai Siapapun ,,Potensi Sosial Yang Anda Miliki



DiSukai Siapapun ,,Potensi Sosial Yang Anda Miliki



Kaidah Pertama : Tentukan Pilihan Yang Terbaik dari Ragam Alternatif

Kekuatan akal kita (analisa) semestinya dapat mendorong kita menemukan pengaruh yang lebih baik guna menentukan keputusan terbaik bagi masa depan dan kebaikan .Karena disanalah petunjukNya. Sekalipun banyak orang mempengaruhi pertimbangan kita namun keputusan final ada ditangan kita . Jadi gunakanlah akal (daya analisa) ,karena memang kita memilikinya.

Jika anda memiliki keputusan yang berorientasi pada kebaikan dan kemajuan masa depan .Orang cenderung bisa menerima meskipun pengaruhnya tidak digunakan.

Sebab Allah berfirman dalam QS az Zumar :18

‘Yang mendengarkan perkataan ,lalu mengikuti yang paling baik diantaranya.Mereka itulah orang yang telah diberi Allah petunjuk. Dan mereka itulah orang orang yang mempunyai akal “.



Kaidah kedua : Kuasai Musuh Anda Dengan Kebaikan

Musuh bisa menjadi teman jika kejahatannya tidak dibalas dengan kejahatan serupa atau yang lebih buruk.Karena pada prinsipnya permusuhan itu terjadi karena musuh itu menyangka anda jahat atau lebih jahat darinya. Sadarilah kebaikan yang anda miliki tak akan pernah bisa disamakan dengan kejahatan dari musuh anda.

Firman Allah :’Dan tidaklah sama kebaikan dengan kejahatan . Tolaklah (kejahatan itu ) dengan cara yang lebih baik ,maka tiba tiba orang yang diantaramu dan antara dia ada permusuhan ,seolah olah telah menjadi teman yang sangat setia .Qs Fushshilat 34.



Kaidah ketiga; Berkarya Jauh lebih Baik Daripada Berdebat

Jika memang tidak ada kesefahaman dan kesepakatan karena memang sudah berbeda secara principal . Bahkan apabila mereka mendesak untuk menerima fahamnya. Maka tugas anda adalah memutuskan menghindar dari pertengkaran yang tidak bermanfaat..Sebab ada urusan yang jauh lebih penting dari sekedar ber debat yaitu anda dituntut berkarya demi kepentingan orang banyak ..


Firma Allah :”Dan apabila mereka mendengar perkataan yang tidak bermanfaat ,mereka berpaling daripadanya. Dan mereka berkata. “ Bagi kami mal amal kami dan bagi kalian mal amal kalian ,kesejahteraan atas kalian kami tidak ingin bergaul denagan oaring orang jahil “.Qs al Qashash 55

Tidak ada komentar:

Posting Komentar