Senin, 29 Maret 2010

Orang terkuat dalam Kepemimpinan Negeri


Orang Terkuat


“Yang terkuat di antaramu ialah orang –orang yang memiliki sifat:

1. Apabila sedang suka ,rasa sukanya tidak sampai menjerumuskan dirinya kedalam dosa dan kebatilan.

2. Apabila sedang benci ,rasa bencinya tidak sampai menyeretnya keluar dari kebenaran.

3. Apabila sedang berkuasa ,tidaklah mau mengambil sesuatu yang bukan haknya.” Demikian sabda Rosullah SAW ketika menyaksikan sekelompok orang kuat yang adu kekuatan mengangkat batu.Wasa’il al-Syi’ah. Jilid II

Seringkali manusia harus selalu mengendalikan diri dari berbagai tekanan.tekanan yang menyenangkan dan tidak menyenangkan. Kemampuan mengelola hati ini sering disebut sebagai emotional Intelligent.



Kemampuan ini mutlak harus dimiliki oleh setiap orang. Apalagi para pemimipin bangsa yang memberi arah bagi perbaikan dan kemajuan. Dapat dibayangkan jika para pemimpin tidak jelas ego direction yang dimiliki.

Memimpin dengan prinsip asal suka. Dalam pemilihan pembantu pembantunya bisa menafihkan keahlian dan kompetensi . Akibatnya pasti kekacauan dan kerusakan dikarenakan menyerahkan amanah kepada orang yang bukan ahlinya.Jika ini diteruskan bisa menghancurkan diri sendiri dan bangsa lain.

Kepemimpinan suka -suka dapat memicu kolusi yakni menyingkirkan kelompok yang tidak disukai.Mengelolah kejahatan berjamaah dengan mengabaikan asas fairness and transparency.

Kepemimpinan model ini hanya akan melahirkan tirani yang sewaktu –waktu memicu people power. Penurunan paksa hanya menelan korban yang sangat banyak.Karena itu pemimpin harus cerdas emosinya .Karena kekuatan kekuasaannya terletak pada pengendalian diri,bagaimana dengan gaya kepemimpinan anda ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar