Kamis, 21 April 2011

Menghindari Kepalsuan Prinsip Hidup


Menghindari Kepalsuan Prinsip Hidup

Denial (mengingkari kenyataan) adalah bagian dari gangguan keseimbangan jiwa yang dapat mengakibatkan pikiran tak logis,kekacauan dalam berfikir dan imajinasi mustahil,kehilangan jati diri,keraguan dan tidak memiliki keberanian bertindak. Anxiety Disorder ,In Goldman.



Disebabkan tekanan hidup yang demikian hebat tidak jarang seseorang bisa mengalami keguncangan psikologis. Namun tekanan hidup tidak selalu berkaitan dengan musibah. Tekanan hidup saat ini bisa bersumber dari kerapuhan pola pikir manusia modern . Akibat dari gaya hidup ,kecanggihan tehnologi & informasi serta pola asuh.Hal ini menimbulkan upaya upaya pengingkaran kenyataan demi “mengobati ‘kepedihan hati menghadapi kenytaan pahit.


Inilah beberapa kepalsuan \prinsip hidup itu.

Pertama,Seharusnya Kehidupan Itu Kan Lebih Mudah

“Jika anda enggan menghadapi kesulitan maka tunggullah sampai benar benar kesulitan mencekik anda. Demikian juga jika anda menginginkan kemudahan dalam hidup segeralah selesaikan kesulitan yang anda hadapi saat ini “.Kank Hari

Semestinya dengan berbagai kecanggihan tehnologi dan sarana yang memadai hidup kita ini kan semakin mudah. Tapi mengapa justru makin hari kita orang makin sulit menghadapi hidup.”


Secara logika tehnologi memang memudahkan namun justru karena memudahkan itu akhirnya menciptakan kebiasaan baru manusia malas “berkeringat dan berpikir” . Jika anda hanya sebagai pengguna tehnologi anda memang dimanjakan dengan kemudahan sampai anda melupakan otak hati,fisik dan soul anda butuh beraktivitas.Sampai akhirnya memang anda kehilangan kekuatan sebagai manusia yaitu enggan berjuang.

Namun jangan dilupakan para penemu tehnologi itu tidak sedikitpun pernah termajakan oleh kemudahan temuannya sendiri . Mereka tetap berkeringat dan berpikir.Karena gairah hidup itu ada pada upaya,bahkan hasrat besar menakhlukan kesulitan bukan sekadar hasil yang didapatnya

Jadi kalau anda justru merasa kesulitan saat berada pada lingkungan yang mudah .Sangat boleh jadi anda memang sedang kesulitan memahami diri sendiri.Jangan lelah menghadapi kesulitan karena adanya kesulitan dapat membuat anda mengetahui potensi kekuatan yang tidak anda duga. “Saya tidak mengira bahwa pada akhirnya saya bisa mengatasi kesulitan yang saya hadapi padahal dulu saya nyaris putus asa…..”


Kedua ,Aku Tak Bahagia Sebelum Semuanya Terwujud

Keyakinan adalah dasar dari pola pikir,kemauan dan upaya pencapaian. Jika anda sudah menyakini bahwa ketidak kebahagian anda sebelum semuanya terwujud. Anda benar benar kehilangan kebahagiaan selama mencapainya dan bisa jadi bahkan impian anda pun tak terwujud. Bagaimana impian bisa terwujud kalau untuk mencapainya saja anda sudah tak bahagia,menderita dan terbebani….?”.Kank Hari


Saya harus menikah dengannya lantaran dia cantik ahlaknya baik,jika dianya suatu saat tidak cantik lagi dan menjadi berani melawan anda , apa yang terjadi dengan anda …..?


"Saya harus bekerja keras agar bisa hidup bahagia lantas jika dalam bekerja keras anda justru lelah fisik dan mental apa yang terjadi dengan anda..?"

"Saya harus mendidik anak anak saya agar menjadi anak yang menyenangkan hati,jika dalam perjalannannya anak anda justru banyak membantah dan tidak patuh kepada anada,apa yang tejadi dengan anda…?"

Setiap orang yang menikah,bekerja dan punya anak bisa menjadi bahagia ataupun tidak. Berate bukan lantaran pernikahannya,pekerjaaan dan keberadaannya yang menyebabkan kebahagiaan.

Namun lantaran pilihan sikap dalam merspon kenyataanlah yang menyebabkan seseorang itu bahagia atau tidak.Dengan kata lain jika pilihan respon anda tepat,kendati tidak sesuai keinginan anda ,anda tetap berhak bahagia.

Kuncinya pilihan sikap

1.Gantilah kata harus menjadi pilihan seperti;


"Saya memang sudah memilih dia jadi istri/suami saya . jika ada kekurangan dari dirinya sudah semestinya saya menerima dan memperbaikinya…!”

"Saya memang sudah memilih bekerja keras adalah prinsip hidup saya jadi jika saya lelah itu wajar,berarti saya harus istirahat..”


"Saya memang memilih mendidik anak anak dengan benar,jika mereka belum bisa menerimanya itu wajar karena kebenaran tidak efektif kalau dipaksakan...."



2. Gantilah kemarahan menjadi tantangan menemukan strategi baru

3. Dengan berkeluh kesah hanya membuat resah mengapa tidak anda ganti berdzikir. Sebab dengan berdzikir hati jadi tentram .Obat tentram hati adalah ingat Tuhan.


“Tak ada gunanya mengingkari kenyataan hidup .Lantaran hidup dialam nyata inilah alasan Tuhan menjadikan kita hidup”.Kank Hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar