Minggu, 17 April 2011

Peran Tauhid Dalam Meniti Karir sebagai Manajer.


Peran Tauhid Dalam Meniti Karir sebagai Manajer.



Katakanlah ,Wahai Rabb yang mempunyai kerajaan,Engkau berikan kerjaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki.Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau binasakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkau lah segala kebajikan . Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu “. (QS Ali Imran :26)


Menjaga tauhid dalam profesionalitas bukan saja akan mengantar kesuksesan saja .Namun dapat mendatangkan ketentraman dan kedamaian lantaran PerlindunganNya.Karena itu,inilah beberapa langkah implementasi kinerja profesionalitas berbasis Tauhid.

Pertama,Yakini Dzalim itu dilarang Tuhan

“Tidak ada cara keji dan jahat untuk sebuah tujuan baik,sebagaimana meniti karir dengan cara dzalim .Karena itu jangan pernah gunakan cara cara keji ..”.Kank Hari

Jika anda beriman berbuat Dzalim itu dilarang Tuhan jangan pernah anda lakukan ,walaupun kepada bawahan secara tidak sadar atau sengaja. Seperti,mencari cari alasan untuk menyalahkannya,memerintah diluar tugasnya,semena mena dsb.

Bukan saja anda tidak pernah tahu bahwa bawahan anda bisa jadi bakal menjadi atasan anda ,tapi jauh dilubuk hati anda . Anda merasakan kegelisahan lantaran ketidak beresan perlakuan anda kepada bawahan selama ini. Segeralah minta maaf kepada bawahan ,ajaklah bekerja sama untuk mewujudkan target perusahaan secara menyenangkan demi kebaikan bersama.

Insya Allah jika niat anda bukan untuk mendzaliminya ,bawahan akan membantu mewujudkan target yang telah anda tentukan.

Kedua,Hanya Petunjuk Allah yang Paling Benar

“Tidak ada kebenaran mutlak setinggi apapun gelar yang anda miliki ,sebanyak apapun pengalaman yang anda punyai. Karena sesungguhnya kebenaran mutlak hanya milik Allah” .Kank Hari


Jika anda yakin hanya petunjuk Allah yang paling benar,maka jangan pernah memaksa patuh bawahan secara mutlak kepada anda (loyal kepada pribadi). Karena jika anda salah memberikan petunjuk yang salah bukan saja diri anda yang celaka namun bawahan anda juga bisa menangung akibatnya tanpa melakukan kesalahan.Lantaran bawahan hanya menjalankan perintah atasan.

Maka dalam kondisi apapun tetaplah berpijak pada kebenaran Yang diajarkan Allah agar anda senantiasa dalam perlindunganNYa”

Ketiga . Hanya Allah Yang Kuasa Membagi Rezeki

“Jangan pernah merasa bahwa pekerjaan yang anda tekuni adalah satu satunya sumber rezeki,sehingga anda merasa semua yang anda raih karena upaya anda. Qorun ditenggelamkan bersama hartanya kedalam bumi lantaran pemikirannya itu.” . Kank Hari



Jika anda yakin bahwa hanya Allah yang Kuasa Membagi rezeki ,lantas mengapa anda gunakan ancaman pecat untuk menakut nakuti karyawan anda.Ingatlah sangat banyak orang besaryag justru meraih kesuksesan lantaran dipecat ambil contoh Hendri Ford pemilik mobil merk mobil Ford .


Bukti ketidak mampuan persuasive adalah mengancam .Maka selama bisa dibicarakan bicarakanlah ! .

Pemecatan bisa dilakukan memang lantaran alasan itu adalah opsi terakhir jika perusahaan bangkrut . atau karyawan bersangkutan sudah sangat tidak mungkin diperbaiki.



Keempat ,Karir itu Takdir


Banyak orang tidak bahagia hidupnya karena karir yang sudah diarihnya tidak dapat disyukuri .Lantaran “Panas” ingin mengejar karir yang telah diraih rival atau rekannya melejit. Meskipun sama sama berjuang dengan cara yang sama. Jika ini diteruskan bukan keberhasilan yang diraih tapi penderitaan yang didapat.”.Kank Hari


Jika anda yakin bahwa melejitnya karir seseorang itu takdir sebagaimana tak ada kejadian apapun didunia ini tanpa seijinnya. Maka anda sebagai atasan tidak akan pernah menahan,menjegal bahkan memotong jalur promosi bawahan anda.

Ingat hanya persoalan waktu bawahan anda melejit karirnya bahkan melampaui karir anda jika TakdirNya demikian.


Ternyata hanya dengan mengingat Allah hati kita menjadi tentram denagan demikian kita bisa professional dalam bekerja ,terus mengasah kompetensi,bersungguh sungguh untuk berhasil dan hasilnya benar benar berkualitas” Kank Hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar