Minggu, 29 Januari 2012

Melipatgandakan Loyalitas Karyawan. (manajemen loyalitas )



Kank ,selain memotivasi karyawan dengan iming iming duit ada nggak cara lain..?
Dan kebanyakan mereka tidak mengikuti kecuali prasangkaan belaka. Sesungguhnya persangkaan itu tidak sedikit pun mencapai kebenaran . Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan . Qs Yunus :36.
Setiap orang bekerja memiliki motivasi nya masing masing mulai dari uang sampai kenyamanan dalam bekerja. Namun tidak semua karyawan menganggap bahwa uang adalah segalanya bilamana untuk mendapatkannya harus menggadaikan harga diri dan rasa percaya dirinya. Nah berangkat dari sanalah anda dapat menyusun strategi manajemen team work. 
 
Pertama: Setiap orang senang dihargai .
adapun mereka yang pelit,merasa kaya dan mendustakan kebaikan ,maka akan Kami persulit hidupnya.Hartanya tidak akan membela mereka ketika mereka dalam keraguan”. QS Al Lail 8-11
Keberadaan karyawan yang didustakan pengbadiannya,ditahan bonusnya akan membuat anda kelak tidak akan mendapat dukungannya ketika harus berhadapan dengan “krisis” atau dalam keraguan.,maka menghargai karyawan sebagaimana memperlakukan klien akan membuat karyawan memiliki semangat dalam bekerja. Kalau klien menghasilkan pundi pundi rupiah kepada anda, sedang karyawan yang menarik pundi pundi uang itu dari klien dengan memberikan “delight “ kepada costumer karena “pengabdianya” merasa dihargai oleh atasan dan perusahaannya.
Kedua :Transparansi ,
“ hai orang orang yang beriman apabila kamu mengadakan pembicaraan rahasia,janganlah kamu membicarakan tentang membuat dosa ,permusuhan dan durhaka kepada Rosul. Dan bertakwalah kepada Allah yang kepadaNya kamu akan dikembalikan.QS Al –Mujaadalah :9
Menciptakan kepercayaan bagi anggota team work .Komunikasi yang transparan dapat meredam kecurigaaan ,kecemasan ,penolakan dan rasa takut. Komunikasikan visi anda dengan berbicara sesuai kemampuan berpikir logis team anda .Dalam komunikasi yang transparan diharapkan dapat mengakomodasi berbagi persoalan dan harapan setiap anggota team anda.Ciptakan peluang bagi setiap karyawan untuk saling mendukung dan mengembangkan strategi kesuksesan team.Selaku manajer anda harus cakap mengkomunikasikan visi dan kebijakan perusahaan yang mampu menciptakan sense of ownership dan sense of responsibility dalam diri karyawan.
Ketiga :Bekerja sebagai Ibadah dan pembelajaran.
“……kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad ,maka bertakwallah kepada Allah . sesungguhnya Allah menyukai orang orang yang bertakwakal kepada Nya”. QS Al Imran :159
Dengan menanamkan job value bekerja sebagai ibadah maka karyawan memiliki spirit dalam bekerja,dan berusaha memberikan yang terbaik dari kinerja pelayanan dikarenakan meyakini balasanNYa.Sedangkan setiap karyawan memiliki harapan tentang perjalanan karir dimasa depan ,harapan inilah yang menyebabkan mereka tumbuh loyalitas ,sudah semestinya anda sebagai manajer dapat mengurai masa depan karyawan anda dengan memberikan kesempatan belajar ,mengembangkan keahlian serta kecakapan komunikasi karyawan anda. Sehingga karyawan anda dapat meyakini sendiri masa depan karirnya.
Saat ini memperlakukan karyawan untuk menunjukan kinerjanya yang prima sudah semestinya dilakukan perusahaan untuk keberhasilan menajemen dan kesuksesan perusahaan ,dengan memperlakukan karyawan sebagai manusia yang memiliki kebutuhan dicintai,dihargai dan diberi kesempatan untuk lebih sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar