Rabu, 17 Juni 2009

Qaulan Ma”rufan :Emotional Bonding In The Couple’s Relationship

“Perkataan yang baik dan pemberiaan maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti. Allah Maha Kaya. & Maha Penyantun” QS 2:263

Jika perkawinan berlandaskan itikad baik untuk kualitas masa-depan yang lebih baik. Semestinya hanya perilaku baiklah yang menjadi dasar hubungan sehari –hari. Tidak ada perilaku saling menyakiti karena berbeda pandangan.Karena kesalaha pahaman merupakan jalan untuk saling pengertian.

Miliki hasrat “to know” lebih banyak, karena jika tak kenal maka tak sayang. Jadikan rasa sayang anda kepada pasangan untuk mengenali lebih dalam watak pasangan. Agar anda bisa mengerti mengapa dia bertindak begitu. Sadarlah, bahwa dia dibesarkan didalam lingkungan yang mungkin sama sekali berbeda dengan anda.,yang membuatnya dia menjadi sepert itu.

Jangan gunakan seks , kekuasaan dan uang untuk tindakan manipulatif.Karena memanipulasi pasangan adalah memanipulasi diri sendiri. Dibalik kepalsuan hanya akan membuat kepedihan diri sendiri. Bukankah jika pasangan adalah belahan hati. menipu pasangan juga berarti menipu diri sendiri . Menyakiti pasangan berarti menyakiti sebelah hati yang kita miliki.

Jangan sampai anda baru merasa cemburu tatkala orang lain telah menyanjung pasangan.Karena pasangan memang sosok yang paling berharga dimata manusia dan Allah. Apalagi anda baru menyadari betapa berharganya pasangan anda , justru disaat dia tidak disisi anda. Penyesalan tidak mengakuinya saat bersama hanya akan menjadi luka batin yang mendalam.Katakan dalam kalimat dan tindakan yang “baik” sebagai to recognize, karena manusia butuh pengakuan.

Besarnya hasrat untuk berkuasa sering terwujud dalam bentuk ingin menguasai orang lain tak terkecuali pasangan. Memaksa pasangan untuk berubah sesuai keinginan anda hanya akan membuat perbedaan dan konflik menjadi lebih besar.

.To discren, bahwa anda juga sama sulitnya dengan pasangan untuk mengubah kebisaan perilaku anda.Jangan gunakan pertengkaran hanya karena anda ingin menunjukkan lebih berkuasa. Melainkan adanya perbedaan merupakan jalan untuk memperkuat ikatan.

Gunakan akal sehat, jika anda suka diperlakukan secara baik, tidak dihakimi dan disudutkan,demikian juga pasangan! Perlakukan pasangan sebagaimana anda ingin diperlakukan.Allah sudah berlaku sangat baik kepada anda semestinya anda juga memperlakukan pasangan dengan baik .

Qaulan ma’rufan dalam bahasa verbal dan non verbal .
Sudakah anda lakukan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar